5 Pelajaran Dari Semut Ketika Tidak Diawasi Sang Ratu

5 Hal Belajar Dari Semut Ketika Tidak Diawasi Sang Ratu

Posted on

5 Pelajaran Dari Semut Ketika Tidak Diawasi Sang Ratu
Saat ini kita masih dalam tema belajar dari semut.

Semut dikenal sebagai pekerja yang berintegritas. Meski tidak diawasi oleh sang ratu, para semut pekerja tetap melakukan pekerjaannya dengan baik. Bagaimana karakter ini dapat kita aplikasikan juga dalam pekerjaan sehari-hari ketika atasan sedang tidak ditempat?

Buat keputusan-keputasan yang bijaksana

Ketika atasan tidak ada ditempat, seringkali keputusan-keputusan tepat harus dibuat agar perusahaan dapat berjalan dengan baik. Meski demikian, hindari mengambil keputusan-keputusan besar atau diluar wewenang yang diberikan kepada Anda. Tangani sesuai porsi yang berikan oleh atasan Anda. Jika akan mengambil keputusan diluar wewenang yang diberikan sebaiknya lakukan komunikasi dengan atasan Anda.

Baca juga: 5 Perbedaan Bos dan Leader

Jaga Performa Kerja

Ketika atas tidak di tempat peniting untuk Anda dapat menjaga performa kerja. Dengan demikian, Anda menunjukan diri sebagai karyawan yang mandiri dan memiliki disiplin diri.Ketiadaan atasanĀ  bukanlah sebuah kesempatan untuk memuaskan godaan bersanti, namun lebih kepada peluang untuk menunjukan diri dapat dipercaya. Lagipula, dalam dunia kerja professional, Anda sebenarnya tidak pernah tahu apakah ada yang mengawai dan siap melaporkan gerak-gerik Anda atau tidak. Lebih baik berjaga-jaga daripada bersantai-santai

Selangkah lebih didepan

Lakukan lebih dari yang diharapkan. Lakukan sesuatu bahkan sebelum atasan datang dan meminta Anda untuk melakukan sesuatu, apalagi jika itu termasuk dari bagian pekerjaan rutin. Tunjukan pada atasan bahwa meskipun ia tidak ditempat, Anda tahu apa yang sedang dan akan Anda lakukan.

Tetapkan Tujuan yang baik

Entah atasan ada ditempat atau tidak, asal Anda memulai setip hari ditempat kerja dengan tujuan/niat memajukan dan mengembangkan perusahaan, maka hasilnya pun akan baik. Alih-alih bersantai dan bersikap seenaknya sendiri, Anda tetap akan produktif dan mampu membangun relasi yang positif dengan setiap orang yang Anda temui di tempat kerja.

READ  7 Karakter Pemimpin yang Dicintai

Source: Spirit Motivator

Leave a Reply